Jenjang SLTA
1. Pelaksana Pertolongan Kecelakaan Penerbangan – Pemadam Kebakaran/ PKP-PK (Fire Fighting & Rescue)
JENJANG SLTA LEBIH DISUKAI DIPLOMA
1. Pelaksana Pengamanan Bandara (Aviation Security)
Jenjang Sarjana/Diploma
- Pelaksana Air Traffic Services (ATC,AIS,FSO)
- Pelaksana Apron Movement Control (AMC)/Airport Officer Center (AOC )
- Pelaksana Teknik Elektronika
- Pelaksana Teknik Listrik Mekanikal & Peralatan (TLMP)
- Pelaksana Teknik Umum
- Pelaksana Personalia dan Umum
- Pelaksana Keuangan / Akuntansi
- Pelaksana Komersial
PERSYARATAN UMUM :
A. Sumber Umum;
Batas usia:
- Usia minimal 18 tahun dan maksimal 22 tahun , bagi pelamar dengan pendidikan SLTA ;
- Usia minimal 18 tahun dan maksimal 24 tahun bagi pelamar yang telah memiliki SKP/STKP (Surat Tanda Kecakapan Personil / Surat Tanda Kecakapan Personil ) yang diterbitkan oleh Kementerian Perhubungan c.q. Direktorat Jenderal Perhubungan Udara ;
- Usia maksimal 24 tahun bagi pelamar dengan pendidikan D2,;
- Usia maksimal 28 tahun bagi pelamar dengan pendidikan D3/S1.
- Belum menikah yang dinyatakan oleh pejabat yang berwenang, serendah-rendahnya oleh Lurah ;
- IPK minimal 2,75 (skala 4) bagi pelamar tingkat Diploma / S1 ;
- Rata-rata nilai Ujian Akhir Nasional adalah 6,5 bagi pelamar tingkat SLTA ;
- Berbadan sehat yang dinyatakan oleh Surat Dokter dan tidak berkacamata/contact lens untuk fungsi PAM, PKP-PK, ATS dan AMC ;
- Berkelakuan baik yang dinyatakan oleh Surat Keterangan Catatan Kepolisian;
- Bersedia ditempatkan di seluruh wilayah kerja PT AP II ;
- Bersedia bekerja dengan pola shifting;
- Mengikuti seluruh tahapan seleksi .
B. Sumber Internal/Outsourcing
- Yang berhak menggunakan jalur sumber internal adalah karyawan dari perusahaan outsourcing di lingkungan PT AP II . Selain karyawan dari perusahaan outsourcing di lingkungan PT AP II masuk kategori umum. Pelamar umum yang mendaftarkan diri dalam kelompok sumber internal otomatis akan dinyatakan gugur.
- Usia minimal 18 tahun maksimal 35 tahun ;
- IPK minimal 2, 7 (skala 4) bagi pelamar tingkat Diploma/ S1 ;
- Berbadan sehat yang dinyatakan oleh Surat Dokter dan tidak berkacamata/contact lens untuk fungsi PAM, PKP-PK, ATS dan AMC;
- Berkelakuan baik yang dinyatakan oleh Surat Keterangan Catatan Kepolisian;
- Bersedia ditempatkan di seluruh wilayah kerja PT AP II;
- Bersedia bekerja dengan pola shifting ;
- Mengikuti seluruh tahapan seleksi .
PERSYARATAN KHUSUS :
1. Pelaksana Pengamanan Bandara (Aviaton Security)
- Pria/Wanita;
- Pendidikan SLTA (Umum/Kejuruan) , lebih disukai lulusan Diploma semua jurusan ;
- Tinggi badan minimal 165 cm (untuk pria) dan 160 cm (untuk wanita);
- Tidak buta warna dan tidak berkaca mata/contact lens.
2. Pelaksana Pertolongan Kecelakaan Penerbangan – Pemadam Kebakaran / PKP-PK (Fire Fighting & Rescue)
- Pria;
- Pendidikan SLTA (Umum/ Kejuruan Teknik);
- Tinggi badan 165 cm;
- Tidak buta warna dan tidak berkaca mata/contact lens.
3. Pelaksana Apron Movement Control / AMC
- Pria;
- Pendidikan D3 Manajemen Operasi Bandar Udara (POBU), Penerbangan/Transportasi Udara , Informatika ;
- Tinggi badan minimal 165 cm;
- Tidak buta warna dan tidak berkaca mata/contact lens.
4. Pelaksana Air Traffic Services – ATC
- Pria/Wanita;
- Pendidikan D2 Pengatur Lalu Lintas Udara (RLLU), D3 Pengatur Lalu Lintas Udara (PLLU), D4 Ahli Pengatur Lalu Lintas Udara, dan memiliki SKP Junior ATC;
- Tidak buta warna dan tidak berkaca mata/contact lens.
5. Pelaksana Air Traffic Services – AIS
- Pria/Wanita;
- Pendidikan D2 Pengatur Penerangan Aeronautika (RPA) , D3 Penilik Penerangan Aeronautika (PPA) , memiliki SKP Junior AIS;
- Tidak buta warna dan tidak berkaca mata/ contact lens.
6. Pelaksana Air Traffic Services – FSO
- Pria/Wanita;
- Pendidikan D2 Pengatur Komunikasi Penerbangan ( RKP /FSO) , D3 Penilik Komunikasi Penarbangan (PKP) , D3 Penilik Penerangan Aeronautika ( PPA) dan memiliki SKP Junior FSO;
- Tidak buta warna dan tidak berkaca mata/ contact lens.
7. Pelaksana Teknik Elektronika;
- Pria/Wanita;
- Pendidikan D3 lebih disukai S1 Teknik Elektronika, D3 Penilik Telekomunikasi Radio (PTR) , D3 Teknik Navigasi Udara(TNU) , D4 Ahli Teknik Navigasi Udara (ATNU), D3 lebih disukai S1 Teknik Informatika;
- Tidak buta warna dan tidak berkaca mata/ contact lens .
8. Pelaksana Teknik Listrik Mekanikal & Peralatan / TLMP
- Pria/Wanita;
- Pendidikan D3 lebih disukai S1 Teknik Listrik/ Teknik Elektro (Arus Kuat) , D3 Penilik Teknik Listrik Bandara (PTL) , D4 Ahli Teknik Listrik Bandara(ATLB)
- Tidak buta warna dan tidak berkaca mata/ contact lens .
9. Pelaksana Teknik Umum
- Diutamakan Pria ;
- Pendidikan D3 lebih disukai S1 Teknik Sipil;
- Tidak buta warna dan tidak berkaca mata/ contact lens .
10. Personalia & Umum
- Diutamakan Pria;
- Pendidikan D3 lebih disukai S1 Manajemen , Manajemen Informatika , Hukum , Adm. Perhubungan Udara , Ilmu Sosial ;
- Tidak buta warna .
11. Pelaksana Keuangan & Akuntansi
- Diutamakan Pria;
- Pendidikan D3 lebih disukai S1 Manajemen Keuangan, Akuntansi, Manajemen Asset ;
- Tidak buta warna.
12. Pelaksana Komersial
- Pria/Wanita;
- Pendidikan D3 lebih disukai S1 Manajemen , Administrasi Perhubungan Udara(APU) , Manajemen Transportasi Udara , Manajemen Bandar Udara/Penerbangan ;
- Tidak buta warna.
KETENTUAN LAIN :
- Aplikasi lamaran hanya melalui on-line. Tidak ada jalur lain yang digunakan untuk pengiriman lamaran.
- Bagi Pelamar yang pernah mengirimkan lamaran ke PT Angkasa Pura II (Persero) diwajibkan memperbaharui lamaran dengan tata cara ini.
- Pelamar wajib memiliki alamat e-mail pribadi yang masih aktif untuk dapat mengikuti proses seleksi ini. Kami tidak melayani alamat e-mail yang salah input oleh pelamar.
- Setelah mengisi formulir aplikasi dan mengirimkannya kembali secara on-line , pelamar akan mendapat konfirmasi registrasi . Konfirmasi tersebut berisi nomor registrasi yang akan digunakan selama proses seleksi. Anda tidak dapat menerima e-mail registrasi apabila alamat e-mail yang anda input salah dan atau sudah tidak aktif, sehingga anda tidak bisa log-in untuk pengumuman selanjutnya.
- Pelamar hanya diperkenankan melakukan satu kali registrasi on-line. Untuk itu pastikan Anda telah menuliskan semua data dengan benar, sebelum menekan tombol KIRIM . Kami tidak melayani perbaikan data yang salah input oleh pelamar.
- Pelamar wajib mengisi aplikasi dengan data/informasi yang sebenar-benarnya karena data ini akan diklarifikasi dengan benar saat pelaksanaan verifikasi dokumen.
- Masa waktu registrasi on-line adalah 23 – 31 Oktober 2010
- Aplikasi yang masuk setelah batas akhir registrasi dan atau tidak melamar secara on-line, dianggap tidak berlaku.
- Keputusan hasil seleksi bersifat mutlak dan tidak dapat diganggu gugat serta Panitia tidak melayani surat menyurat.
- Pada setiap tahapan seleksi, hanya pelamar yang dinyatakan lulus dapat masuk ke tahap seleksi berikutnya.
- Proses rekrutmen dan seleksi ini tidak dikenakan biaya apapun .
- Segala biaya transportasi dan akomodasi para pelamar menjadi tanggungan pribadi pelamar.
Pengumuman hasil seleksi administrasi dan pelamar yang berhak mengikuti seleksi selanjutnya dapat dilihat di website www.ppm-rekrutmen.com pada 9 – 14 November 2010
YANG HARUS DIPERSIAPKAN OLEH PELAMAR :
1. Bagi Anda yang kemudian dinyatakan lolos seleksi administrasi, akan diminta hadir pada Tes Tahap I di lokasi dan waktu yang tercantum di bawah dengan membawa dokumen dan kelengkapan sebagai berikut :
- Kartu Tanda Penduduk yang masih berlaku, asli dan fotocopy
- Fotocopy ijazah yang sesuai dengan persyaratan pendidikan dan telah dilegalisir oleh pejabat berwenang
- Fotocopy transkrip nilai yang telah dilegalisir oleh pejabat berwenang
- Fotocopy sertifikat keahlian lainnya yang relevan
- Fotocopy akte kelahiran dari instansi berwenang
- Data Riwayat Hidup yang harus didownload dari website www.ppm-rekrutmen.com setelah Anda log in, data riwayat hidup yang telah diisi diserahkan dalam bentuk print out
- Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK) dari Kepolisian
- Surat Keterangan Sehat dari Dokter
- Kartu Peserta Seleksi yang harus didownload dari website www.ppm-rekrutmen.com setelah Anda log in. Mohon dilengkapi dan ditempel foto, kemudian dibawa dalam bentuk print out pada setiap tahapan tes
- Pas Foto Berwarna ukuran 4 x 6 berlatar belakang merah sebanyak 2 lembar
- Surat Pernyataan keabsahan dokumen yang harus didownload dari website www.ppm-rekrutmen.com setelah Anda log in, surat pernyataan yang telah diisi dan ditandatangani di atas materai diserahkan dalam bentuk print out
- Surat Pernyataan bersedia ditempatkan di seluruh wilayah kerja PT AP II yang harus didownload dari website www.ppm-rekrutmen.com setelah Anda log in, surat pernyataan yang telah diisi dan ditandatangani di atas materai diserahkan dalam bentuk print out
- Surat Keterangan Belum Menikah dari pejabat yang berwenang serendah-rendahnya dikeluarkan oleh Lurah (khusus untuk pelamar umum);
- Alat tulis: pensil 2B, bolpoint, dan penghapus
2. Seluruh berkas dimasukkan ke dalam map folio
- Warna biru untuk pelamar umum
- Warna merah untuk pelamar internal/outsourcing
- Tuliskan nama dan nomor registrasi Anda pada map tersebut.
3. Mohon mempersiapkan seluruh dokumen dengan lengkap dan benar. Jika ditemukan ketidaklengkapan dokumen dan/atau ketidaksesuaian data pada dokumen dengan berkas lamaran, Anda akan dinyatakan gugur pada Tes Tahap I
RANGKAIAN KEGIATAN SELEKSI :
- Seleksi Administrasi
- Tes Fisik (Performance Test), khusus untuk posisi Pelaksana Pengamanan Bandara, Pertolongan Kecelakaan Penerbangan – Pemadam Kebakaran, dan Pelaksana Apron Movement Control
- Tes Pengetahuan Umum/Substansial dan Bahasa Inggris
- Tes Psikologis
- Tes Kesehatan
- Wawancara Akhir
- Lokasi tes : Jakarta , Banda Aceh, Medan , Padang, Palembang, Pontianak, Pekanbaru, Tanjung Pinang, Jambi, Pangkal Pinang.
- Waktu tes : diberitahukan lebih rinci pada saat pengumuman per tahap
Pendaftaran online klik dibawah ini:
Form pelamar umum
Form pelamar internal/outsourcing